Monday 26 December 2011

Blogger Salah Satu Provider Blog Terpopuler di dunia

Blogger adalah layanan publikasi blog yang di buat oleh Pyra Lab   dan pada tahun 2003 google mangakusisinya sehinggaa menjadikanya sebagai salah satu web blog publishing terbesar di dunia. Secara umum web blog pada layanan blogger menggunakan sub domain blogspot.com akan tetapi google membuka layanan untuk membeli domain seperti .com, .net, .biz, .org dengan biaya yang tidak terlalu mahal hanya sekita 10$ per domain atau setara dengan Rp. 96.000,00 . Blogger juga memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya pada server lain melalui FTP, akan tetapi sayang google hanya memperbolehkanya hanya sampai tanggal 1 Mei 2010 . Setelah tanggal itu seluruh blog akan di simpan pada server google/blogger, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya menggunakan Costume URL.


Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.
Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.
Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti template yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.
Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google
Sedangkan saya menggunakan layanan blogger di karenakan karena beberapa fitur yang mengesankan dan juga gratis sehingga dapat di manfaatkan oleh banyak kalangan untuk blogging, adversting, cari duit, cari uang secara gratis tanpa di bebani biaya operasional seperti ketika kita membuat website yang harus meng host file file webnya pada server server layanan berbayar serta domain di google juga gratis meskipun kita hanya di perbolehkan mendapatkan blogspot.com secara gratis akan tetapi kita juga dapat memanfaatkan fitur Costume URL sehingga kita dapat memilih beberapa pilihan seperti .com , .org , .biz , dan lain lain akan tetapi fitur Costum URL ini kita di bebani oleh biaya tambahan sebesar 10$ untuk tiap tahunya oleh google

0 comments:

Post a Comment